Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut


foto: bbntimes.com

Awalnya coba-coba, akhirnya keterusan. Itulah yang dialami para perokok. Jika sudah kecanduan, akan lebih sulit untuk berhenti. Dan banyak penderita penyakit yang dimulai dari dampak merokok, baik yang aktif merokok maupun mereka yang hanya terpapar asap rokok meskipun bukan perokok. Bahaya merokok bagi kesehatan sangat banyak, terutama penyakit pada gigi dan mulut para penggunanya. 

Sebenarnya, justru pada perokok pasiflah yang efeknya lebih berbahaya. Rasanya sungguh tidak adil. Karena sebagai perokok pasif, dia tidak ikut menikmati, tetapi malah mendapat efek sampingnya berupa penyakitnya. 

Mereka tidak ikut merokok tapi terpapar asapnya. Silakan cek tulisan sebelumnya yang berjudul Bahaya Merokok Bagi Kesehatan, Termasuk Bagi Orang Terdekatnya.

Beberapa kelainan yang timbul di rongga mulut akibat merokok. Adapun akibat rokok pada gigi dan jaringan sekitarnya. Kelainan yang didapat mulai yang paling ringan sampai paling berat (yang terlihat oleh mata secara langsung ataupun tidak terlihat)

I. Pada Gigi
                             
Klik untuk perbesar gambar

Gambar A. Noda pada gigi.(Stain) Tampak noda kuning bekas rokok pada gigi depan bawah. (sumber Foto: Koleksi pribadi).

Gambar B. Gigi keropos (Caries). Gigi depan rahang bawah berlubang dan keropos, meninggalkan warna hitam. (sumber Foto: Koleksi pribadi)

Pada gambar A, maupun B, menyebabkan fungsi estetik  (properti untuk tampil cantik pada gigi berkurang). Akibatnya sungguh tidak eye catching/ kurang sedap dipandang mata.

Gambar B1 sebelah kiri/BEFORE, menunjukan berlubang karena merokok, sedangkan  sebelah kanan ialah AFTER (setelah perawatan gigi akibat merokok, dengan cara dibungkus dengan crown/ mahkota porselin, memang hasilnya lebih cantik namun dengan biaya yang alamak mahalnya) (Sumber foto: cerramdental, 2014).

Artinya akibat kebiasaan jelekmerokok, selain estetik menjadi jelek,  untuk perawatan kembali sempurna akan dibutuhkan dana yang cukup banyak untuk membuat gigi menjadi rapi. Hal pengeluaran dana yang banyak, tidak akan terjadi jika kita tidak merokok kan?


II. Pada Jaringan Lunak Mulut

Klik untuk perbesar gambar

Gambar C. Smoker melanosis (menimbulkan noda bekas asap pada bibir atas dan bawah). 
Dengan adanya bercak hitam pada bibir, menjadikan pemandangan yang kurang nyaman. (sumber Foto: Koleksi pribadi)

Gambar D. Lidah penuh jamur. (Candidiasis)
Pada perokok aktif, akan terjadi noda hitam pada lidah, selain itu jamur juga mudah menempel, berakibat dan akan terjadi infeksi jamur. (Foto: Koleksi pribadi)

Gambar E. Stomatitis Nikotina. Timbul bercak putih pada langit-langit, akibat jaringan sekitar langit-langit yang berusaha menangkis asap rokok dengan membentuk lapisan putih. (sumber foto: Laskaris, 2006). 

III. Akbat Pada Tulang Gigi di Bawah Gusi      
Gagalnya pemasangan gigi implant. Implant adalah gigi tiruan yang ditanam dalam tulang penyanggah gigi, ketika harus mengganti gigi yang hilang karena dicabut.

Hal ini terjadi karena pada perokok tulang gigi dan tulang sekitarnya akan menjadi keropos. Sehingga ini akan menyulitkan pemasangan implant.



10 komentar:

  1. Terimakasih dokter sangat bermanfaat sekali :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya ya, tetap update di blog ini ya.

      Hapus
  2. Terima kasih ilmu barunya Dokter👍 sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga berguna, tetap update di blog ini ya. Terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya

      Hapus
  3. Terima kasih atas tulisan di blognya dokter🙏🏻🙏🏻. Blog nya sangat informatif sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungan Anggita, juga komentarnya. Tetap update di blog ini ya. Keep spirit!

      Hapus
  4. Terima kasih atas ilmu barunya dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya, tetap update di sini ya. Terima kasih ya kunjungannya

      Hapus
  5. Blog yang sangat informatif, terima kasih ilmunya dokter, terus semangat mengedukasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat. terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya. Tetap update ya

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.