Tempat Wisata di Belgia (Bag 3-Habis ) | Coklat, Oleh-oleh Khas


Tidak lengkap berkunjung ke Belgia jika tidak mencari oleh-oleh khas.
Sovenir dan oleh-oleh coklat Belgia yang fenomenal dengan aneka bentuk lucu sampai bentuk anak pipis.

Sebagai orang Timur, ketika kita melakukan traveling selalu ada tradisi membeli oleh-oleh atau sovenir, sebagai tanda kasih dan rasa kekeluargaan. 

Nah ketika ke Belgia, rasanya kurang klop, bila tidak mampir dan membawa oleh-oleh berupa coklat. Tempat wisata di Belgia adalah pusat coklat.  

Tempat Wisata di Belgia, Aneka Coklat Khas

Brusel, sebagai ibukota negara Belgia merupakan kota yang kompleks. Untungnya di sini walaupun kota besar, namun banyak tempat wisata yang satu dengan lainnya saling berdekatan dan bisa dinikmati karena transportasinya mudah dijangkau.


Coklat merupakan produk unggulan dan salah satu tujuan parawisata di Belgia. Maka destinasi selanjutnya adalah mencari oleh-oleh coklat dan sovenir khas Belgia.

Sesaat setelah sampai lokasi, kami turun dari mobil, dan berjalan memasuki semacam jalan kecil. Inilah salah satu tempat wisata di Belgia.

Terlihat banyak outlet yang menjual coklat Belgia dalam berbagai bentuk dan rasa. Juga tersedia berbagai sovenir ala Belgia.

Fakta Menarik Coklat Belgia

Citra rasa kelesatan dari coklat Belgia sudah tidak diragukan  lagi oleh dunia. Beberapa sumber mengatakan, bahwa ada sekitar 220.000 ton coklat diproduksi setiap tahun.

Bahan coklat di Belgia banyak diimpor dari negara Afrika dan Indonesia. Istimewanya, Belgia mampu menyulap berbagai coklat tersebut menjadi coklat khas Belgia dengan berbagai varian yang menarik.

Bahkan konon, terdapat museum coklat, karena sejarah Belgia yang membuat coklat terbaik di dunia lebih dari satu abad. Rasa coklat Belgia bisa dikatakan sangat berbeda dan original. Karena memiliki coklat murni.

Tidak ada penambahan bahan pengganti mentega kakao sebagai lemak nabati.

Girang sekali saat itu. Walaupun, penulis bukan anak kecil lagi, tapi penulis dengan asyiknya berjalan kesana kemari untuk memotret aneka bentuk coklat, permen dengan warna cerah nan segar. Sehingga benar-benar menggugah selera.

Bentuk Aneh Coklat Belgia

Sebetulnya kalau dipikir agak malu juga ya kalau mengingat betapa penulis terbelalak. Karena terpesona ketika mengetahui aneka bentuk permen yang lucu. 

Dan tanpa malu-malu segera mendokumentasikannya sebagai media untuk oleh-oleh dalam bentuk cerita pada anak penulis yang sangat menyukai coklat.

Aneka bentuk coklat dan permen lucu yang menggoda selera.

Di sana sini tampak aneka coklat. Mulai yang unik sampai yang berbentuk manekin pis.

Mungkin ada yang bertanya, “Apakah manekin pis itu?”

Manekin pis adalah gambaran tentang seorang anak lelaki kecil telanjang sedang pipis sambil berdiri. (lha..untungnya patungnya tersebut berupa anak kecil...kalau tidak wah..agak horor karena agak saru hehehe).

Fakta Unik Di Balik Coklat Manekin Pis

Ceritanya berawal dari seorang anak kecil bernama Juliaanske yang membuang air kecil pada bom yang akan meledak di kota Brusel. 

Sehingga sebagai bentuk ucapan terimakasih, maka dibuatlah patung perunggu tersebut untuk mengenangnya. Patung tersebut dibuat sekitar tahun 1618.    

Di hampir semua outlet tersedi aneka sovenir, mulai pembuka botol, manekin pis. Di setiap tempat sovenir ada manekin pis.

Haduh jadi teringat dengan adanya koteka di negeri kita. Alamak... si bocah beser yang tak berhenti pipis. Oh ..my God sungguh kreatif sekali kota ini dalam mendandani maskot mungilnya dengan warna-warni.

Berbagai sovenir manekin pis

Oh iyaa..ada satu hal yang perlu DICATAT dan DIGARISBAWAHI: bahwa meskipun kota Brusel adalah kota dengan perekonomian yang stabil, disertai politik yang terkontrol dengan baik. Tapi pada kenyataannya banyak pencopet yang berkeliaran juga lho.

Hal ini sudah diingatkan oleh beberapa buku yang pernah penulis baca. Juga oleh Mbak Dana sebagai tour leader.

Tetap Waspada Tindak Kriminalitas Tempat Wisata Di Belgia  

Saat kami masuk ke toko kecil untuk memilih sovenir…tiba-tiba Mbak Dana berteriak dengan bahasa Indonesia, “Awas! Hati-hati, ada copet di sekitar.“

Maka, kami pun bergerak dengan sigapnya...happ. Langsung beraksi dengan menutup dompet dan memasukkan dalam tas. Lalu tas tersebut dirapatkan ke tubuh.

Setelah itu, penulis bertanya pada Mbak Dana, “Mbak kok tahu sihh kalau ada pencopet mau beraksi?”

Mbak dana menjawab, “ Ya terlihat dari gelagatnya. Kalau pembeli, selalu fokus untuk memperhatikan pada barang yang akan dibeli. Tapi mereka malah jelalatan mengincar tas.”

“ Oooooo....begitu to ?” penulis menjawab sambil manggut-manggut.

Nahh...demikianlah sekelumit kisah yang cukup mengasyikkan saat berkunjung ke kota Brusel di Belgia.

Pesan penulis bagi para pecinta coklat, seyogyanya wajib mencicipi coklat Belgia jika sedang berkunjung ke Eropa.(Tamat)
Kembali ke bagian 2: Fakta Unik Monumen Atomium, Brusel 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.