Mengapa Vietnam Memenangkan Perang?

 Lalu apa yang membuat terowongan Cu Chi ini sangat spesial sehingga tidak dapat diserang oleh tentara AS? Coba disimak kisah selanjutnya.

      Bayangkan saja ternyata Cu Chi Tunnel (CCT) ini bukan sekadar terowongan saja. Namun dia dijadikan bercabang-cabang. 

Fakta Rahasia Terowongan Perang Vietnam

Terowongan ini memilik tiga saf. Yang pertama bertinggi tiga meter, saf kedua enam meter, dan yang terakhir 10 meter.

Penulis dan Mbak Nia menantu penulis, mencoba masuk terowongan 

Untuk menghubungkan antarterowongan, ada sebuah jalan yang amat kecil. Yang hanya bisa dilewati dengan cara jongkok. Itu pun harus orang berpostur tubuh kecil, seperti orang Vietnam.

Jadi... jangan harap orang yang bertubuh tinggi dan besar, seperti tentara AS mampu untuk masuk ke terowongan.

Ini Sebab Amerika Tak Bisa Mengalahkan Vietnam

      Setiap sektor di terowongan dipimpin oleh empat orang. Mereka hanya menguasai sektornya saja. Dengan demikian jika tertangkap, mereka tidak bisa menjelaskan bagian sektor lainnya. Hanya pimpinan yang tahu detil peta terowongan bawah tanah itu.   

      “Terowongan ini dibuat dengan pertimbangan dan desain sangat strategis. Beberapa kali tentara AS berusaha menemukan dan menghancurkan terowongan ini tapi tidak pernah berhasil melenyapkannya,” jelas Mr. Tung.  

Padahal AS sampai mengeluarkan senjata berat berupa bom besar. Mungkin AS hanya bisa mengebom lapisan atas saja. Sedang untuk lapisan yang lainnya tetap aman. Tentara AS, bahkan pernah memasukan zat kimia, tapi tetap saja gagal masuk ke bagian paling vital. Jadi walaupun dibombardir secara habis-habisan penduduk tetap selamat,” tambah Mr Tung.        

                                          drg. Ramadhan dan adiknya mencoba masuk terowongan.

Selain karena sistem terowongan yang bercabang dan sangat luas, jalan masuk ke terowongan cukup kecil, sehingga hanya cukup untuk orang Asia yang bertubuh ramping. 

Jadi bila tentara AS yang menemukan jalan masuk, mereka dijamin tidak mampu masuk.

Mengapa Vietnam Memenangkan Perang?

Di sini para bule masuk hanya sampai pinggang. Ahh..ternyata tubuh kecil yang notabene adalah kekurangan dari bangsa asia ternyata bisa menjadi kelebihannya juga ya.

      Wah wah ..jadinya pikiran ini melayang pada dongeng tentang kecerdikan si kancil yang berbadan kecil dan singa yang berbadan besar, namun sebagai raja hutan ini selalu diakal-akali oleh kecerdikan si kancil ya...

      Jadi... AS tidak pernah sukses melawan gerilyawan Vietkong. Bahkan beberapa kali mereka terjebak oleh senjata rahasia Vietnam yang sederhana, tapi dengan dampak yang cukup fatal. Mematikan!

      Dan yang unik lagi terdapat gundukan tanah keras yang memilik lubang kecil yang di setiap sisinya dapat digunakan sebagai sela untuk menembak musuh dari dalam tanah. Mr Tung bercerita yang ditembak bukan bagian vital. Tapi yang jadi sasaran tembak adalah kaki.

Sehinggga tidak langsung mati paling hanya cedera di kakinya. Nah..saat cedera itu otomatis temannya akan datang untuk membantu tentara AS yang tertembak. Di sinilah baru pembantaian yang sesungguhnya terjadi.

Cara Unik Tentara Vietnam Mengelabui Amerika

Saat tantara AS bergumul membantu temannya secara spontan, mereka lansung menghujani tembakan. Otomatis yang mati jadi banyak. Buktinya, banyak nyata tank tantara Amerika yang ditinggalkan pemiliknya karena lari.

Rombongan kami bergambar dengan tank yang ditinggal oleh tentara AS

Tentara AS merasakan sangat kesulitan untuk mencari serta mengatasi perlawanan dari Vietkong. Terowongan itu sering dibuat sampai ke bawah markas AS.

Kerap kali kalau mereka muncul, senantiasa membuat teror. Oleh karena itu tentara AS tidak pernah dibuat aman. Bahkan tank milik AS pun sering dilumpuhkan. (Bersambung ke: Masak dan Melahirkan di Terowongan Vietnam )

Kembali ke bagian 4: Lubang Jebakan Tentara Vietnam

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.