Masak dan Melahirkan di Terowongan Vietnam

Bagaimana cara tantara Vietnam bisa bertahan untuk melangsungkan kehidupan di bawah tanah selama perang?

     Bagi orang Vietnam memang, jalan satu-satunya di situasi seperti itu ialah dengan menetap di terowongan. Tujuannya agar mereka selamat dari kejaran tentara AS. Mulai makan, minum, dan lain-lain.

Mengenai kebutuhan, bisa disuplai oleh para Vietkong lainnya (orang Vietnam yang membela Vietnam utara pro kemerdekaan plus Vietkong yang berasal di Vietnam Selatan yang menyamar).

Karena hanya dengan demikian mereka bisa merasa aman dan nyaman dari kejaran tentara AS. Wah..wah..serasa main kucing-kucingan nih ye. Kayak Tom and Jerry saja...Hehehe....

      Jika malam hari sebagian gerilyawan itu keluar untuk mencari senjata dan mereka pun memiliki tempat kerja untuk membuat senjata sederhana. Seperti pada contoh di awal cerita tadi.

      Dari hari ke hari, para Vietkong yang tinggal di terowongan itu makin banyak. Bahkan puncaknya mencapai sepuluh ribu orang, baik tentara gerilyawan dan keluarganya, seperti wanita, dan anak-anak.

Di sini mereka bisa tidur, masak, merencanakan serangan. Banyak juga yang menikah dan melahirkan di dalam terowongan. Sehingga area pada terowongan ini dibuat beberapa ruangan.

Selain ruang untuk rapat juga tempat senjata dan merencanakan serangan. Juga bermanfaat sebagai dapur untuk masak, sekolah, ruang perawatan semacam rumah sakit, bahkan tempat bersalin. Hal ini dikarenakan ada yang menikah dan melahirkan di dalam terowongan.

      Terowongan itu dilengkapi dengan adanya lubang udara yang rapi. Sebagian lubang udara terdapat di gundukan tanah yang dibuat menyerupai sarang semut selain itu lubang juga ada di bawah pohon-pohon yang tertutup akar.

Gundukan tanah dengan lubang yang besar

      Mr. Tung menerangkan bahwa mereka hanya memasak sekali sehari yaitu pukul 4 pagi, sehingga asap yang keluar dikira kabut.

Tidak hanya itu, sistem terowongan yang canggih ini, bisa membuat asap yang keluar tidak akan membumbung tinggi, melainkan hanya sedikit di atas tanah sehingga sulit dilihat dan tidak bisa dibedakan dengan kabut pagi.

Wow... sungguh penulis dibuat takjub luar biasa gilaaa....     


Kisah berakhir dengan tantara Amesika Serikat Kembali ke negaranya

      Akhirnya pada tahun 1975, pihak AS menyerah dan memutuskan kembali ke negaranya. Vietnam pun merdeka dan gerilyawan Vietkong yang hidup di terowongan merayakan kemenangannya.

Tampak beberapa lubang kecil

Jadi mereka bisa mempertahankan hidup di terowongan bawah tanah selama 20 tahun. Sebuah rekor yang luar biasa. Ini berkat desain Cu Chi Tunnel yang sangat bagus dan mengagumkan. Nice story.

      Yaaa...Tak ada senjata hebat yang dimiliki Vietnam semasa perang. Kunci terbesar kemenangan mereka justru pada terowongan tersebut. Terowongan yang menakjubkan ini amat dibanggakan oleh orang Vietnam.

Struktur tanahnya yang amat padat


      Jadi apakah cerita tentang film Rambo yang ada di bioskop sudah sesuai dengan kenyataan? Hehehe monggo ....silakan dijawab sendiri saja. (bersambung)

kembali ke tulisan sebelumnya: Mengapa Vietnam Memenangkan Perang? 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.