Makanan Tentara Vietnam Agar Perkasa

       Sejak awal ini rasanya kami larut seperti ikut mengalami masa gerilyawan para tentara Vietkong, di Cu Chi Tunnel (CCT) ini. Adapun terowongan ini merupakan saksi bisu dari perang Vietnam pada era tahun 1970an.                                                                                    

      Kami telah diajak melihat dan masuk terowongan, menyaksikan berbagai macam senjata dan jebakan yang dulu digunakan untuk melawan AS.

Selain itu ada pula barang rampasan perang. Ada juga lokasi yang digunakan sebagai desa buatan dengan berbagai patung yang menggambarkan kehidupan desa terowongan saat itu.      



      Pada akhir tour, seusai dari masuk terowongan kami para peserta tour diajak untuk istirahat bersama dengan memasuki semacam barak sederhana ala tentara Vietkong sambil ditawari untuk menikmati suguhan makan singkong atau ketela yang direbus yang dicocol ke tumbukan kacang tanah yang menjadi serbuk kacang dan ditambah garam.

Ini adalah makanan khas gerilyawan Vietkong. Makanan ini yang dulunya sudah umum dikomsumsi oleh tentara Veitkong dan rakyat yang saat itu sangat miskin. Dikombinasi dengan secangkir teh hangat dan terasa tawar.



Hmmm…lumayanlah… ditambah semilirnya angin, yang sepoi-sepoi sudah cukup membuat rileks setelah tour yang cukup ‘menegangkan’.

Memang pada faktanya, sekarang Vietnam sudah tidak perang lagi dengan pihak AS. Dan saat ini terowogan Cu Chi ini dirawat dengan baik. Oleh pemerintah Vietnam dan dijadikan objek wisata yang menarik.

Rest area wisata terowongan yang menyediakan berbagai kebutuhan peserta tour


Hal ini disebabkan, karena terowongan ini menjadi simbol kemenangan dan kejayaan mereka atas bangsa Perancis, juga terhadap pemerintahan Vietnam Selatan, dan Amerika Serikat juga.

Di samping itu, konon terowongan ini bisa jadi simbol kefrustasian serta kekalahan tentara AS dalam Perang Vietnam.  

      Kini Vietnam bisa terkenal, bukan karena sebagai negara yang sudah bebas perang melawan AS, tapi sudah bermutasi atau berubah bak dalam fase kepompong, yang akan menjadi kupu-kupu yang cantik.

Artinya negara ini sedang bangkit menggeliat menjadi negara yang bisa berhasil menjual wisata ke mancanegara dengan sensasi rasa yang begitu ‘sesuatu’, asyik, sangat unik, dan tidak didapatkan di destinasi lain.        

Aneka aksesoris yang ditawarkan di rest area

      Nahh ...bagi penggemar film Rambo atau penyuka sejarah perang, mari kita explore negeri Vietnam agar bisa merasakan sensasi ngeri-ngeri sedap yang dapat meningkatkan hormon aderenalin kita. Selain CCT banyak juga destinasi lain yang sensasinya unforgatable. Yukkk......

Note:

     Tulisan ini dipersembahkan dalam rangka menghormati drg. Totok sebagai guru penulis, teman sejawat senior yang telah berpulang ke rahmatullah. Semoga husnul khotimah, diampuni semua dosa serta diterima semua amalannya. Aamiin..aamiin ya raabal alamin. (Habis.)

Kembali ke tulisan sebelumnya: Masak dan Melahirkan di Terowongan Vietnam 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.